Senin, 27 Oktober 2014

RPP Hidup Sehat dan Bersih


(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SD NEGERI 2 KEMAWI
Kelas / Semester          :  2 / 2
Tema / Topik                 :  Hidup Sehat dan Bersih
Petemuan ke                 :  1
Semester                        :  2   (Dua)
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.    Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan
2.    Menunjukkan sikap kebersamaan  dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan

Bahasa Indonesia
1.    Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
2.    Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
3.    Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
4.    Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
5.    Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
6.    Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
7.    Mendengarkan  pesan pendek,  larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
8.    Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
9.    Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
10. Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
11. Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga
12. Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
13. Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
14. Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
15. Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)

Matematika
1.    Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
2.    Mengenal dan menukar nilai antar pecahan  uang
3.    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.    Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2.    Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
3.    Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
4.    Memiliki perilaku hidup sehat
5.    Memahami  dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis)  dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
6.    Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
7.    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
8.    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
9.    Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan  kecepatan, kelenturan  melalui permainan sederhana
10. Mempraktikkan  variasi pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak  berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)

Seni, Budaya, dan Prakarya
1.    Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.    Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya
3.    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis 
4.    Membedakan aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
5.    Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat musik ritmis
6.    Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan  lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel

C.     INDIKATOR
PPKn
1.    Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
2.    Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
3.    Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
4.    Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya.



Bahasa Indonesia
1.    Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
2.    Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
3.    Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
4.    Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
5.    Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
6.    Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
7.    Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
8.    Mengucapkan sapaan yang sesuai
9.    Mengucapkan terima kasih secara tepat
10. Mengucapkan maaf secara tepat
11. Menanya sesuatu kepada orang lain
12. Mendengarkan penjelasan
13. Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
14. Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti.
15. Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
16. Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
17. Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
18. Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
19. Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
20. Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
21. Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu
22. Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
23. Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
24. Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
25. Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
26. Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
27. Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
28. Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
29. Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
30. Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air
31. Menyiram atau memupuk tumbuhan
32. Memberi makan hewan peliharaan
33. Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama
34. Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama
35. Menggambar tumbuhan atau hewan
36. Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari
37. Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari
38. Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
39. Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah
40. Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
41. Berposisi duduk secara benar
42. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
43. Memegang teks bacaan dengan tepat
44. Membalik halaman buku dengan benar
45. Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
46. Berposisi duduk secara benar
47. Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
48. Memegang pensil dengan tepat
49. Membalik halaman buku dengan benar
50. Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang

Matematika
1.    Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel
2.    Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah
3.    Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
4.    Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
5.    Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya
6.    Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan
7.    Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain
8.    Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas
9.    Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari
10. Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
11. Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan lainnya
12. Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
13. Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
14. Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang dengan berbagai cara
15. Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
16. Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
17. Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
18. Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.    Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas
2.    Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah(azz)
3.    Membuat daftar piket kelas
4.    Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
5.    Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
6.    Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan aktivitas fisik
7.    Mempraktikkan variasi gerak mengayun
8.    Mempraktikkan variasi gerak menarik
9.    Mempraktikkan variasi gerak memutar
10. Mempraktikkan variasi gerak menekuk
11. Mempraktikkan variasi gerak berjalan
12. Mempraktikkan variasi gerak berlari
13. Mempraktikan variasi gerak melompat
14. Mempraktikkan variasi gerak mengayun
15. Mempraktikkan variasi gerak menarik
16. Mempraktikkan variasi gerak memutar
17. Mempraktikkan variasi gerak menekuk


Seni, Budaya, dan Prakarya
1.    Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
2.    Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan benda di alam sekitar
3.    Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dengan merapikan setelah bekerja(azz)
4.    Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
5.    Menyebutkan pola bervariasi
6.    Menyebutkan pola irama rata
7.    Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
8.    Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
9.    Mengenal judul lagu dan iringannya
10. Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
11. Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk membuat boneka
12. Menyanyi dengan tepuk irama
13. Menyanyi dengan tepuk birama
14. Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
15. Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
16. Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
17. Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan di lingkungan sekitar
18. Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
19. Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
20. Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain

D.     TUJUAN
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI
PPKn
1.    Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.    Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3.    Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
4.    Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
5.    Dengan menyanyikan Lagu dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Bahasa Indonesia
1.    Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.    Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.    Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
4.    Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri 
5.    Lafal teks doa dengan jelas
6.    Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
7.    Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
8.    kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
9.    lingkungan sehat dan tidak sehat
10. Nama-nama tempat dalam cerita
11. Urutan peristiwa
12. Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
13. Lingkungan sehat dan tidak sehat
14. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
15. Posisi duduk secara benar
16. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
17. Teks bacaan dengan tepat

Matematika
1.    Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
2.    Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.    Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.    Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan halaman
2.    Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

Seni, Budaya, dan Prakarya
1.    Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
2.    Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.    Lingkungan sekitar secara seksama
4.    Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.    Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.    Lagu  Lihat Kebunku
7.    Dapat membedakan pola irama

F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.  Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.  Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.  Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
5.  Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
6.  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Sehat dan Bersih”
10 menit
Inti
1.  Membaca buku cerita “Kaila sakit gigi” dengan memperhatikan cara membaca yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
2.  Menceritakan kembali cerita “Kaila sakit gigi” dengan kalimat sendiri dengan bahasa Indonesia yang tepat
3.  Melafalkan doa sebelum masuk dan keluar kamar mandi
4.  Memperagakan sikat gigi yang baik
5.  Menyanyikan lagu “Aku Anak Sehat” dengan membuat gerakan fisik
6.  Membuat daftar menu makanan dan minuman yang dimakan atau dibeli siswa  sehari-hari dalam bentuk tabel dengan format yang telah disiapkan
7.  Menghitung jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli makanan dan minuman.
8.  Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan dan minuman yang tidak habis dikonsumsi
9.  Mampu menjelaskan akibat tidak habisnya makanan dan minuman yang tersisa dengan pengucapan yang jelas dan pemilihan kata yang tepat
10.   Membuat tabungan dengan bahan-bahan yang tersedia di alam dan lingkungan sekitar dalam rangka melakukan penghematan terhadap uang/untuk kegiatan beramal selama seminggu
11.   Melakukan penghitungan uang yang diperoleh dari hasil menabung di akhir minggu
12.    Membuat karya seni tentang alam dan lingkungan dari bahan-bahan alami

150 menit
a.     
13.   Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
a.    Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
b.    Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
c.    Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
d.    Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
e.    Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


14.   Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
15.   Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
b.    Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
c.    (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
d.    Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
16.   Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar )
17.   Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


18.   Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
19.   Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
20.   Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
21.   Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
22.   Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
23.   Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)



24.   Penilaian proses:
25.   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
26.   Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
27.   Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.




Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
a.    Gambar kegiatan menyapu kelas
b.    Gambar kegiatan membersihkan debu
c.    Gambar kegiatan menata buku
d.    Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
a.    Gambar kegiatan menyapu rumah
b.    Gambar kegiatan mengepel lantai
c.    Gambar kegiatan menata tempat tidur
d.    Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
a.    Gambar kegiatan membersihkan selokan
b.    Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
c.    Gambar kegiatan membuang sampah
d.    Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh




28.   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
29.   Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
30.   Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya


31.   Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
a.    Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
b.    Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
c.    Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
d.    Menggunakan format pengamatan


32.   Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb


33.   Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

34.   Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

35.   Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat

36.   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


37.   Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar

4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


5.      Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
6.      Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


H.     SUMBER DAN  MEDIA
1.    Diri anak
2.    Lingkungan keluarga
3.    Lingkungan sekolah
4.    Buku Tematik Kelas 2
5.    Buku Pengembangan Diri Anak
6.    Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
7.    Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
8.    Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
9.    Buku kirigami (seni mengunting)
10. Buku Pengembangan Diri Anak

I.       PENILAIAN
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja
2)    Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
1)   Pilihan ganda
1)    Isian singkat
2)    Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar