(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 2 KEMAWI
Kelas / Semester :
2 / 2
Tema / Topik : Hidup Sehat
dan Bersih
Petemuan ke : 1
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
1. Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis,
hobby) sebagai anugerah Tuhan
2. Menunjukkan sikap kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Bahasa Indonesia
1. Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk
mempersatukan bangsa
2. Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai
agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
3. Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
4. Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf
sesuai dengan konteksnya
5. Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain
berdasarkan rasa ingin tahu
6. Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
7. Mendengarkan pesan pendek, larangan, permintaan, penolakan, teks pendek,
lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
8. Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan
sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
9. Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
10. Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan
menceritakan pengalamannya
11. Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.)
kepada teman, anggota keluarga
12. Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu
siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat
[(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
13. Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas
dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan
tanda titik
14. Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk,
jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih
tempat dengan cahaya yang terang)
15. Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan
cahaya yang terang)
Matematika
1. Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan
beramal.
2. Mengenal dan menukar nilai antar pecahan
uang
3. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika
dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan
uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
3. Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan yang menyenangkan
4. Memiliki perilaku hidup sehat
5. Memahami dan mempraktikkan cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan
tulis) dan lingkungan sekolah (halaman
sekolah)
6. Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik
7. Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
8. Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
9. Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana
10. Mempraktikkan variasi pola gerak
dominan dalam senam (mendarat, gerak
berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
Seni, Budaya, dan Prakarya
1. Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya,
bernyanyi, dan menari
2. Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui
berkarya
3. Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola
irama rata dengan alat musik ritmis
4. Membedakan aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai
karya kreatif dan olahan makanan
5. Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat
musik ritmis
6. Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan lingkungan rumah melalui kegiatan bermain
lipat, gunting, dan tempel
C. INDIKATOR
PPKn
1. Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
2. Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
3. Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
4. Menjelaskan beberapa suku
teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
1. Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
2. Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
3. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
4. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
5. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
6. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
7. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
8. Mengucapkan sapaan yang sesuai
9. Mengucapkan terima kasih secara tepat
10. Mengucapkan maaf secara tepat
11. Menanya sesuatu kepada orang lain
12. Mendengarkan penjelasan
13. Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak
rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
14. Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak
menyakiti.
15. Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
16. Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
17. Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
18. Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
19. Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
20. Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
21. Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu
22. Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
23. Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
24. Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
25. Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
26. Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
27. Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
28. Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak
didengar
29. Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan
sekitar
30. Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan
dan air
31. Menyiram atau memupuk tumbuhan
32. Memberi makan hewan peliharaan
33. Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu
lama
34. Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam
waktu lama
35. Menggambar tumbuhan atau hewan
36. Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang
dan malam hari
37. Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam
hari
38. Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan
malam hari.
39. Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung,
sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan
sekolah
40. Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan
tempat tinggal dan sekolah
41. Berposisi duduk secara benar
42. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
43. Memegang teks bacaan dengan tepat
44. Membalik halaman buku dengan benar
45. Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
46. Berposisi duduk secara benar
47. Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
48. Memegang pensil dengan tepat
49. Membalik halaman buku dengan benar
50. Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
Matematika
1. Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel
2. Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan
menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah
dan di rumah
3. Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang
tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
4. Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan atau
minuman yang tidak habis dikonsumsi
5. Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau
cara lainnya
6. Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang
pernah dilakukan
7. Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang
lain
8. Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang
diselenggarakan oleh kelas
9. Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan
sehari-hari
10. Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
11. Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang
pecahan lainnya
12. Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
13. Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
14. Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli
barang dengan berbagai cara
15. Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang
benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
16. Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang
benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
17. Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau
penggunaan uang
18. Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah
sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda,
atau penggunaan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk
membersihkan kelas
2. Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah(azz)
3. Membuat daftar piket kelas
4. Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
5. Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
6. Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan
aktivitas fisik
7. Mempraktikkan variasi gerak mengayun
8. Mempraktikkan variasi gerak menarik
9. Mempraktikkan variasi gerak memutar
10. Mempraktikkan variasi gerak menekuk
11. Mempraktikkan variasi gerak berjalan
12. Mempraktikkan variasi gerak berlari
13. Mempraktikan variasi gerak melompat
14. Mempraktikkan variasi gerak mengayun
15. Mempraktikkan variasi gerak menarik
16. Mempraktikkan variasi gerak memutar
17. Mempraktikkan variasi gerak menekuk
Seni, Budaya, dan Prakarya
1. Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
2. Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan
benda di alam sekitar
3. Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar
dengan merapikan setelah bekerja(azz)
4. Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
5. Menyebutkan pola bervariasi
6. Menyebutkan pola irama rata
7. Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata
8. Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
9. Mengenal judul lagu dan iringannya
10. Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
11. Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk
membuat boneka
12. Menyanyi dengan tepuk irama
13. Menyanyi dengan tepuk birama
14. Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
15. Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
16. Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
17. Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan
di lingkungan sekitar
18. Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk
dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
19. Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
20. Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain
D. TUJUAN
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
1. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa
dapat berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2. Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3. Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam
kehidupan sehari hari di sekolah.
4. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan
tata tertib di sekolah
5. Dengan menyanyikan Lagu dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Bahasa Indonesia
1. Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
2. Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran
kepada teman, Guru dan orang lain.
4. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
5. Lafal teks doa dengan jelas
6. Lafal & kata-kata teks doa
dengan intonasi yang sesuai
7. Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
8. kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang
cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
9. lingkungan sehat dan tidak sehat
10. Nama-nama tempat dalam cerita
11. Urutan peristiwa
12. Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang
cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
13. Lingkungan sehat dan tidak sehat
14. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
15. Posisi duduk secara benar
16. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
17. Teks bacaan dengan tepat
Matematika
1. Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
2. Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang
digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan
bangun datar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan
halaman
2. Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk,
memutar dan melompat.
Seni, Budaya, dan Prakarya
1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan
cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
3. Lingkungan sekitar secara seksama
4. Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Lagu Lihat Kebunku
7. Dapat membedakan pola irama
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak
4. Dilanjutkan dengan bertanya
jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di
kalau pagi
5. Meminta informasi dari siswa
mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya
tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran.
6. Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Sehat dan Bersih”
|
10 menit
|
Inti
|
1. Membaca buku cerita “Kaila
sakit gigi” dengan memperhatikan cara membaca yang benar (cara duduk, jarak
mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku dan memilih
tempat dengan cahaya yang terang)
2. Menceritakan kembali cerita
“Kaila sakit gigi” dengan kalimat sendiri dengan bahasa Indonesia yang tepat
3. Melafalkan doa sebelum masuk
dan keluar kamar mandi
4. Memperagakan sikat gigi yang
baik
5. Menyanyikan lagu “Aku Anak
Sehat” dengan membuat gerakan fisik
6. Membuat daftar menu makanan
dan minuman yang dimakan atau dibeli siswa
sehari-hari dalam bentuk tabel dengan format yang telah disiapkan
7. Menghitung jumlah uang yang
dikeluarkan untuk membeli makanan dan minuman.
8. Menghitung jumlah uang yang
terbuang dari makanan dan minuman yang tidak habis dikonsumsi
9. Mampu menjelaskan akibat tidak
habisnya makanan dan minuman yang tersisa dengan pengucapan yang jelas dan
pemilihan kata yang tepat
10.
Membuat tabungan dengan bahan-bahan yang tersedia di alam
dan lingkungan sekitar dalam rangka melakukan penghematan terhadap uang/untuk
kegiatan beramal selama seminggu
11.
Melakukan penghitungan uang yang diperoleh dari hasil
menabung di akhir minggu
12.
Membuat karya seni
tentang alam dan lingkungan dari bahan-bahan alami
|
150 menit
|
a.
|
13.
Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak
sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya,
menalar) al:
a.
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat
dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
b.
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
c.
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh
salah satu siswa saja).
d.
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
e.
Mendorong
keberanian siswa dalam menjawab
dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi
tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
14.
Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU
(membaca, mendengar)
15.
Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya,
lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar),
semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
b.
Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca
TEKS
c.
(penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
(sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
d.
Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung
dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
16.
Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
17.
Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta
membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri,
(rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak
dan menalar)
|
|
|
18.
Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2
orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja
guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
19.
Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
20.
Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
21.
Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar
dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar,
yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
22.
Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada
teman sebangku (mengkomunikasikan)
23.
Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta
untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
|
|
|
|
24.
Penilaian proses:
25.
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
tugas.
26.
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke
aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
27.
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar untuk Example
non Example
Kelompok gambar kebersihan
kelas
a.
Gambar kegiatan menyapu kelas
b.
Gambar kegiatan membersihkan debu
c.
Gambar kegiatan menata buku
d.
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan
rumah
a.
Gambar kegiatan menyapu rumah
b.
Gambar kegiatan mengepel lantai
c.
Gambar kegiatan menata tempat tidur
d.
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
a.
Gambar kegiatan membersihkan selokan
b.
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
c.
Gambar kegiatan membuang sampah
d.
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
|
|
|
|
28.
Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar
dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
29.
Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
30.
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya
|
|
31.
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan
Ayah” untuk mencairkan suasana dan
kepenatan setelah belajar beberapa jam:
a.
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
b.
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
c.
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,
cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
d.
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
32.
Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang
tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan
penyakit. Dsb
|
|
|
33.
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
34.
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
|
|
35.
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang
rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
36.
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
37.
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup
sehat
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
5.
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
6.
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
1. Diri anak
2. Lingkungan keluarga
3. Lingkungan sekolah
4. Buku Tematik Kelas 2
5. Buku Pengembangan Diri Anak
6. Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan
bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
7. Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
8. Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan
tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
9. Buku kirigami (seni mengunting)
10. Buku Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil
Belajar
1) Pilihan ganda
1) Isian singkat
2) Esai atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar